Dani. Powered by Blogger.
Terimakasih kunjungan anda PIN D71E50F9

Monday 21 May 2012

Istilah OEM

OEM atau “Original Equipment Manufacturer” adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menggambarkan produk yang datang satu paket dari produsen. Pengertian OEM secara umum adalah perusahaan yang
membuat produk untuk pihak lain untuk dikemas ulang dan jual. Reseller membeli produk OEM dalam jumah besar TANPA kemasan mahal yang biasanya dipakai dalam setiap produk.

Intinya, produk OEM adalah SAMA dengan produk ORIGINAL serupa yang dikemas secara bagus ( Kemasan Ritel ). Istilah OEM banyak dipergunakan dalam industri dan yang paling banyak adalah dalam dunia Industri elektronik ( Laptop, Komputer, Printer, Ponsel dan lainnya ).

Jadi OEM adalah produk ORIGINAL tanpa kemasan mewah. Yang harus diperhatikan dalam membeli produk OEM adalah ketelitian karena banyak sekali produk palsu yang mengaku sebagai ORIGINAL.

Jika OEM mau dikemas sebagai retail, maka di kemasan tersebut harus dicantumkan SKU (Stock-Keeping Unit) dari produk original tersebut baik tipe, model dan pengkodean (SKN, ASY, HDW, barcode dan sebagainya) yang menenjukkan secara spesifik satu produk secara unik, bukannya satu kode yang sama untuk semua tipe dan warna.

0 komentar: